Rabu, 09 November 2011

ikhlas dan ridho adalah kunci ketentraman hati

Beban hidup yang  berat , merasa hidup kian payah dan masa depan yang suram, seakan menghadang di depan mata. keputusasaan , kesedihan selalu menghinggapi dalam perjalanan hidup di dunia ini, berbagai musibah dan bencana terjadi di mana- mana menjadika kehidupan semakin sulit, masa panceklik yang berkepanjangan membuat ekonomi semakin terjepit. hati pun semakin gelisah dan bimbang . kemanakah kan ku bawa hidup ini , terasa perih dan menyesakkan dada, "tabah  dan sabar nanti kamu akan menemukan" itulah kata  hati kecilku selalu menasehati."kehidupan dunia hanya sementara, kebahagiaan dunia bukanlah di pandang dari harta yang berlimpah tapi bagaimana hati menyikapi"hati ku terasa sedikit lebih tenang, kanku coba tuk bersabar dan tegar dalam menghadapi semua ini, karena semua ini adalah ujian dan cobaan tuk mahluk yang beriman,"Dan sungguh  akan kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan,kelaparan dan kekurangan harta, jiwa dan buah buahan.Dan berikan lah berita gembira kepada orang orang yang bersabar."( Al-Baqoroh:155).
Kehidupan dunia bagaikan panggung sandiwara manusia adalah pemainnya, ada yang menagis ,ada yang tertawa  bahagia, itulah hidup memang penuh dengan lika liku. Hidup bagakan roda yang berputar ada saatnya  berada di atas yang penuh dengan kebahagiaan karena serba kecukupan, dan ada kalanya berada di bawa dengan  hidup kekurangan dan pas pasan, bukan karena allahswt tidak adil atau pilih kasih, tapi ini adalah bukti keadilan Allah swt. orang tidak akan di pandang berkecukupan kalau tidak ada orang yang kekurangan, tidak ada yang di pandang ganteng kalau tidak ada yang buruk, agar terjalin keseimbangan dalam kehidupan dengan saling mengisi satu sama  lainnya.
Kenikmatan kehidupan dunia bagaikan kuda yang liar yang dapat membahayakan  dan menjatuhkan tuannya pada kehancuran dan kepedihan kalau di kendalikan oleh hawa nafsu, dan sebaliknya kenikmatan dunia bagaikan kuda yang jinak dan menurut pada tuannya, yang dapat meringankan beban hidup tuannya dan mengantarnya pada kebahagiaan yang sebenarnya  kalau di kendalikan oleh hati yang ihklas dan ridzo atas ketentuan allah swt, karena yakin dan sadar semua itu adalah titipan dan ujian bagi orang yang  beriman. Yaa Allah  jadikan lah hambamu ini termasuk  orang yang engkau ridhoi   Amiiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA