Senin, 21 November 2011

lihatlah sekitarmu

Allah swt mengisyaratkan pada kita agar mau memperhatikan kejadian alam dan isinya sebagai pelajaran.  "Perhatikanlah apa yang ada di langit dan di bumi". (Qs Yunus :10 )
Manusia yang di anugrahi pancaindra dan akal pikiran agar mau memperhatikan dan memikirkan apa yang di lihat oleh mata, apa yang di dengar oleh telinga, dan apa yang di rasakan  oleh panca indra sebagai pelajaran yang membuktikan atas kekuasaan allah swt.
Banyak ayat ayat al-quran yang menyerukan umatnya untuk belajar, dan berfikir tentang alam semesta, karena manusia adalah mahluk yang ber fikir.
Manusia dengan akalnya di gunakan untuk berfikir bahwa tidak ada ciptaan Allah swt yang sia-sia dan dengan mengkaji  ciptaannya untuk meningkatkan kualitas hidup dan mendekatkan diri kepadanya, sehingga tumbuh kualitas intelektual mereka seimbang dengan kualitas kemuliaan spiritualnya. "sesungguhnya dalam penciptaan langi dan bumi , dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda tanda bagi orang orang yang berakal, ( yaitu ) orang orang yang mengingat allah sambil berdiri, duduk ,dan dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langi dan bumi ( seraya berkata ) " ya tuhan kami tiadalah engkau ciptakan ( semua ) ini dengan sia sia, maha suci engkau, maka peliharalah kami dari siksa api neraka". ( Qs Ali imran : 190 - 191 ).
Perhatikanlah bagaimana allah menciptakan langit yang luas tanpa tiang dan di hiasi bintang bintang. dan perhatikanlah bagaimana allah menciptakan bumi yang terhampar luas, dan pepohonan yang rimbun nan rindang, angin yang bertiup, matahari yang menyinari bumi hingga ada siang dan malam, burung burung yang terbang di angkasa, dan ikan yang hidup  di dalam air , semua itu terdapat  tanda tanda kekuasaan allah swt.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA